Cari Blog Ini

Kamis, 19 Oktober 2017

Perkembangan Ilmu Manajemen

Gambar terkait

Perkembangan Ilmu Manajemen

Tujuan Pembelajaran
Agar siswa dapat memahami dan mendiskripsikan perkembanngan ilmu manajemen

Didalam perkembangan teori ilmu manajemen terdapat tiga aliran pemikiran yakni :
1.     Teori organsasi  klasik :
Dikemukanan oleh beberapa tokoh antara lain Mary Parker Follett (1868-1933), Chaster L. Bernard (1886-1961), Henry Fayol (1841-1925)
Mary Parker Follett (1868-1933)
Follett menjembatani antara teori klasik dan hubungan manusiawi, dimana pemikiran Follett pada teori kalsik tapi memperkenalkan unsur-unsur hubungan manusiawi. Dia menerapkan psikologi dalam perusahaan, industri dan pemerintahan. Konflik yang terjadi dalam perusahaan dapat dibuat konstruktif dengan menggunakan proses integrasi.
Chaster L. Bernard (1886-1961)
Organisasi sebagai sistem kegiatan yang diarahkan pada pada tujuan. Fungsi-fungsi utama manajemen menurutnya, adalah perumusan tujuan dan pengadaan sumber daya-sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Ia menekankan pentingnya peralatan komunikasi untuk mencapai tujuan kelompok. Ia juga mengemukakan teori penerimaan pada wewenang.

Henry Fayol (1841-1925)
Fayol adalah seorang industrialis Perancis. Fayol mengatakan bahwa teori dan teknik administrasi merupakan dasar pengelolaan organisasi yang kompleks, ini diungkapkan dalam bukunya yang berjudul Administration Industrielle et General atau Gneral and Industrial Management yang ditulis pada tahun 1908 oleh Constance Storrs. Fayol membagi manajemen menjadi lima unsur yaitu perencanaan, pengorganisasian, pemberian perintah, pengkoordinasian dan pengawasan, fungsi ini dikenal sebagai fungsionalisme.

2.           Aliran Hubugan Manusiawi
Aliran hubungan manusaiawi dikemukakan oleh dua tokoh yaitu William Ouchi (1981) dan Hugo Munsterberg (1863 -1916)
William Ouchi (1981)
William Ouchi, dalam bukunya “theory Z -How America Business Can Meet The Japanese Challen ge (1981)”, memperkenalkan teori Z pada tahun 1981 untuk menggambarkan adaptasi Amerika atas perilaku Organisasi Jepang. Teori beliau didasarkan pada perbandingan manajemen dalam organisasi. Jepang disebut tipe perusahaan Jepang dengan manajemen dalam perusahaan Amerika -disebut perusahaan tipe Amerika.
Hugo Munsterberg (1863 -1916)
Sumbangannya yang terpenting adalah berupa pernanfaatan psikologi dalam mewujudkan tujuan-tujuan produktivitas sarna seperti dengan teori-teori manajemen lainnya. Bukunya “Psychology and Indutrial Efficiency”, ia memberikan 3 cara untuk meningkatkan produktivitas: a. Menempatkan seorang pekerja terbaik yang paling sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dikerjakannya. b. Menciptakan tata kerja yang terbaik yang memenuhi syarat-syarat psikologis untuk memaksimalkan produktivitas. c.  Menggunakan pengaruh psikologis agar memperoleh dampak yang paling tepat dalam mendorong karyawan.

3.               Aliran Manajemen Modern
Muncul aliran ini lebih kepada aliran kuantitatif merupakan gabungan dari Operation Research dan Management Science. Pada aliran ini berkumpul para sarjana matematika, pisik, dan sarjana eksakta lainnya dalam memecahkan masalah-masalah yang lebih kompleks. Tim sarjana ini di Inggris, di Amerika Serikat, sesudah perang Dunia II dikenal dengan sebutan “OR Tema” dan setelah perang dimanfaatkan dalam bidang industri. Masalah-masalah ruwet yang memerlukan “OR Tim” ini antara lain di bidang transportasi dan komunikasi.

Kesimpulan
Didalam pelaksanaan organisasi, terdapat fungsi dari perencaan manajemen yaitu sebagai arahan, perencanaaan dan mengoptimalkan dampak dari perubahan, perencanaan mengoptimalkan dampak dari perubahan, perencanaan meminimalkan pemborosan dan menetapkan standar pengawasan. Didalam fungsi perencanaan ada persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya faktual atau realistik, logis dan rasional, fleksibel, komitmen, komprehensif. Adapun tujuan dalam pengorganisasian adalah hasil akhir yang diharapkan dapat dicapai oleh individu maupun kelompok. Manajer dapat menggunakan alat bantu dalam menjalankan tujuan organisasi seperti bagan arus, bagan gantt, jaringan pert.