Cari Blog Ini

Kamis, 19 Oktober 2017

Manajer dan Manajemen

BAB III
”MANAJER DAN MANAJEMEN”

Tujuan Pembelajaran :
Agar siswwa dapat mengetahui peranan manajer dan manajemen didalam perusahaan.

A.    Manajer Dalam Organisasi
       Manajer pada dasarnya adalah subjek dari kegiatan manajemen artinya manajer adalah orang yang melakukan kegiatan manajemen atau individu yang bertangung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.
          Tugas manajer adalah untuk memastikan mewujudkan agar tujuan organisasi dapat tercapai secara efektif dan efisien melalui serangkaian manajemen secara fungsional maupun oprasional.
B.     Keahlian-Keahlian Manajemen

          Dalam mengimplementasikan kegiatan manajemen diperlukan bebrapa keahlian manajemen (manageral skill) adapun keahlian-keahlian tersebut meliputi sebagai berikut :
1)    Keahlian teknis (tecnical skill) yaitu keahlian yang dipergunakan untuk melakukan pekerjaan spesifik tertentu.
2)   Keahlian berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat (human relation skill) yaitu keahlian dalam memahami dan melakukan interaksi dengan berbagai jenis orang dimasyarakat.
3)   Keahlian konseptual (konseptual skill) yaitu keahlian berfikir secara abstrak, sistematis termasuk didalamnya mendianokasa dan menganalisis berbagai masalah.
4)   Keahlian dalam pengambilan keputusan (decision making skill) yaitu keahlian untuk mengidentifikasi masalah.
5)   Keahlian dalam mengelola waktu (time manajemen skill) yaitu keahlian dalam memanfaat waktu secara efektif dan efisien.
6)   Keahlian dalam manajemen global (global manajem skill) yaitu keahlian manajerial yang tiak saja terfokus kepada suatu keadaan dinegara tertentu.
7)   Keahlian dalam hal teknologi (tecnologial skill) yaitu keahlian manajerial dalam mengikuti dan menguasai berbagai perkembangan teknologi yang terjadi.

C.     Tingkatan-Tingkatan Manajemen
          Ada beberapa tingkatan manajemen yang telah dikemukakan oleh nickles nchugh tahun 1997 meliputi sebagai berikut :
a.    Manajemen tingkat puncak atau top manajemen yang terdiri dari direktur utama, presiden direktur, atau wakil direktur.
b.    Manajeman tingkat menengah (midelle manajemen) terdiri dari para manajer, kepala defisi, atau departemen, atau kepala cabang.
c.    Manajemen superfisi (supervisori or fist lme manajemen) biasanya terdiri dari para superfisi, ketua kelompok, dan lain sebagainya.
d.    Manajemen superfisi (non supervisori manajemen) terdiri dari para tenagan kerja tingkat bawah pada umumnya seperti buruh,pekerja bangunan, dan lain-lain
Gambar terkait

D.    Manajemen Sebagai Seni dan Sains
          Manajemen sebagai seni dan sains yaitu adanya kreatfitas yang cenderung bersifat statis, berpola tunggal, berdasrkan pembuktian ilmiah dan menuntut adanya tahapan-tahapan yang sistematis.

Untuk mempermudah ini ada contoh perbedaan antara Manajer dan Manajemen
Hasil gambar untuk manajer dan manajemen

Kesimpulan :


Didalam pelaksanaan organisasi, terdapat fungsi dari perencaan manajemen yaitu sebagai arahan, perencanaaan dan mengoptimalkan dampak dari perubahan, perencanaan mengoptimalkan dampak dari perubahan, perencanaan meminimalkan pemborosan dan menetapkan standar pengawasan. Didalam fungsi perencanaan ada persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya faktual atau realistik, logis dan rasional, fleksibel, komitmen, komprehensif. Adapun tujuan dalam pengorganisasian adalah hasil akhir yang diharapkan dapat dicapai oleh individu maupun kelompok. Manajer dapat menggunakan alat bantu dalam menjalankan tujuan organisasi seperti bagan arus, bagan gantt, jaringan pert.