Cari Blog Ini

Kamis, 19 Oktober 2017

Etika Bisnis dan Kewirausahaan


Hasil gambar untuk etika bisnis bagi pengusaha 

BAB VIII
ETIKA BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN

Tujuan Pembelajaran
1.1 Siswa dapat mengetahui pengertian etika bisnis
1.2 Siswa dapat mengetahui komponen dalam etika
1.3 Siswa dapat mengetahui konsep etika bisnis
1.4 Siswa dapat mengetahui fundamental etika yang berlaku pada semua etnis
1.5 Siswa dapat mengetahui prinsip etika
1.6 Siswa dapat mengetahui etika dan tanggung jawab sosial
1.7 Siswa dapat mengetahui keuntungan menjaga etika

1.1 Pengertian Etika Bisnis
Etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen dan konsumen serta etika yang harus dipraktekkan dalam bisnis
Etika bisnis mencakup hubungan antara perusahaan dengan orang yang menginvestasi uangnya dalam perusahaan, dengan konsumen, pegawai, kreditur dan pesaing.
  • Orang yang menanam uang atau investor menginginkan manajemen dapat mengelola perusahaan secara berhasil, sehingga dapat menghasilkan keuntungan bagi mereka.
  • Konsumen menginginkan agar perusahaan menghasilkan produk bermutu yang dapat dipercaya dan dengan harga yang layak.
  • Para karyawan menginginkan agar perusahaan mampu membayar balas jasa yang layak bagi kehidupan mereka, memberi kesempatan naik pangkat atau promosi jabatan.
  • Pihak kreditur mengharapkan agar semua hutang perusahaan dapat dibayar tepat pada waktunya dan membuat laporan keuangan yang dapat dipercaya dan dibuat secara teratur.
  • Pihak pesaing mengharapkan agar dalam persaingan dilakukan secara baik, tidak merugikan dan menghancurkan pihak lain.
Orang-orang bisnis diharapkan bertindak secara etis dalam berbagai aktivitasnya di masyarakat. Harus ada etik dalam menggunakan sumber daya yang terbatas di masyarakat, apa akibat dari pemakaian sumber daya tersebut dan apa akibat dari proses produksi yang dilakukan.
Etika bisnis menyangkut usaha membangun kepercayaan antara masyarakat dengan perusahaan, dan ini merupakan elemen sangat penting buat suksesnya suatu bisnis dalam jangka panjang.
Jadi prinsipnya seorang wirausaha lebih baik merugi daripada melakukan perbuatan tidak terpuji.
Menjaga etika adalah suatu hal yang sangat penting untuk melindungi reputasi perusahaan. Masalah etika ini selalu dihadapi oleh para manajer dalam keseharian kegiatan bisnis, namun harus dijaga terus menerus, sebab reputasi sebuah perusahaan yang etis tidak dibentuk dalam waktu pendek tapi akan terbentuk dalam jangka panjang. Dan ini merupakan aset tak ternilai sebagai good will bagi sebuah perusahaan. Suatu trademark istimewa dalam competitive advantage.

1.2 Komponen Etika
1.      Komponen Sumber
·         kemauan individu
·         konsensus sosial
·         nilai pribadi
2.      Komponen mekanik
usaha melalui berbagai metode untuk mencapai konsensus. Misalnya: hasil negosiasi disepakati tidak boleh membanting harga
·         Produk
kesepakatan individu dalam masyarakat.
misalnya :
·         barang dibeli dapat garansi selama 6 bulan
·         kecap yang terbaik itu memiliki syarat-syarat tertentu
3.      Aliran Etika
·         Aliran DEANTOLOGI
kewajiban moral dapat diketahui secara intuitif.
misalnya: rasanya tak pantas kalau kita turunkan harga
·         Aliran TEOLOGI
Menilai perbuatan orang dari tujuannya.
Misalnya: saya turunkan harga untuk jatuhkan lawan.

1.3  Konsep Etika Bisnis
Konsep etika bisnis tercermin pada corporate culture (budaya perusahaan). Menurut Kotler (1997) budaya perusahaan merupakan karakter suatu perusahaan yang mencakup pengalaman, cerita, kepercayaan dan norma bersama yang dianut oleh jajaran perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari cara karyawannya berpakaian, berbicara, melayani tamu dan pengaturan kantor.

Hasil gambar untuk etika bisnis bagi pengusaha

1.4 Fundamental Etika yang Berlaku Pada Semua Etnis
Fundamental etika yang berlaku pada semua etnis menurut Zimmerer (1996) terdiri atas:
1.      Sopan santun, yaitu selalu bicara benar, terus terang, tidak menipu dan tidak mencuri.
  1. Integritas, yaitu memiliki prinsip, hormat dan tidak bermuka dua.
  2. Manjaga janji, yaitu dapat dipercaya bila berjanji, tidak mau menang sendiri
  3. Kesetiaan, ketaatan, yaitu benar dan loyal pada keluarga dan teman, tidak menyembunyikan informasi yang tidak perlu dirahasiakan
  4. Kejujuran, kewajaran (fairness), yaitu berlaku fair dan terbuka, berkomitmen pada kedamaian, jika bersalah cepat mengakui kesalahan, perlakuan yang sama terhadap setiap orang dan memiliki toleransi yang tinggi
  5. Menjaga satu sama lain (caring for others), yaitu penuh perhatian, baik budi, ikut andil, menolong siapa saja yang memerlukan bantuan.
  6. Saling menghargai satu sama lain (respect for others), yaitu menghormati hak-hak orang lain, menghormati kebebasan dan rahasia pribadi (privasi), mempertimbangkan orang lain yang dianggap bermanfaat dan tidak berprasangka buruk.
  7. Bertanggung jawab (responsible), yaitu patuh terhadap undang-undang dan peraturan yang berlaku, jika menjadi seseorang pimpinan maka harus bersikap terbuka dan menolong.
  8. Pengejaran keunggulan (pursuit of excellence), yaitu berbuat yang terbaik di segala kegiatan, bertanggung jawab, rajin, berkomitmen, bersedia untuk meningkatkan kompetensi dalam segala bidang.
  9. Dapat dipertanggungjawabkan (accountability), yaitu bertanggungjawab dalam segala perbuatan terutama dalam mengambil keputusan

1.5 Prinsip Etika
Prinsip etika adalah sebagai berikut:
  1. Usaha membangun kepercayaan antara anggota masyarakat dengan perusahaan atau pengusaha. Hal tersebut merupakan elemen penting buat suksesnya bisnis jangka panjang Menjaga etika adalah hal penting untuk melindungi reputasi perusahaan.
  2. Kejujuran merupakan barang langka dan “mata uang” yang berlaku di mana-mana
  3. Etika adalah standar perilaku dan nilai-nilai moral menyangkut tindakan yang benar dan salah yang terjadi di dalam lingkungan kerja

1.6 Etika dan Tanggung Jawab Sosial
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah bentuk tanggung jawab dari setiap perusahaan terhadap lingkungan, sosial dan ekonomi masyarakat. Pelanggaran etika akan mengakibatkan:
1.      Masalah citra publik
2.      Tuntutan hukum yang mahal
3.      Tingginya tingkat pencurian oleh karyawan.
Pengambilan keputusan etis dapat menumbuhkan kepercayaan bagi hubungan antara para pelanggan, karyawan dan perusahaan lain.
Perilaku etis sangat penting bagi wirausahawan karena dapat memberikan efek positif sebagai berikut :
1.      Staf akan meniru perilaku pimpinannya
2.      Standar etis akan membentuk kerangka kerja yang positif
Perilaku tidak etis dalam berwirausaha akan menimbulkan hal-hal sebagai berikut:
1.      Mengganggu pengambilan keputusan usaha
2.      Dapat dituntut dengan Undang-undang perlindungan konsumen
3.      Bisnis tidak akan mampu bertahan dalam jangka panjang

1.7 Keuntungan Menjaga Etika
1.      Jika jujur dalam berbisnis, maka bisnisnya akan maju
2.      Timbulnya kepercayaan
3.      Kemajuan terjaga, jika perilaku etis terjaga
4.      Perolehan laba akan meningkat
5.      Bisnis akan terjaga eksistensi dan kesinambungannya


Kesimpulan
Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Etika bisnis adalah keseluruhan dari aturan-aturan etika, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang mengatur hak-hak dan kewajiban produsen dan konsumen serta etika yang harus dipraktekkan dalam bisnis.