Bab I
Ruang Lingkup Bisnis
Tujuan Pembelajaran
1.1 Siswa dapat memahami pengertian bisnis
dan jenisnya
1.2 Siswa dapat memahami tujuan bisnis
1.3 Siswa dapat memahami sistem
perekonomian dan sistem pasar
1.4 Siswa dapat memahami kesempatan bisnis
dan usaha
1.5 Siswa dapat memahami unsur penting
dalam aktivitas bisnis
1.6 Siswa dapat memahami hakikat bisnis
1.7 Siswa dapat memahami fungsi masyarakat
dalam bisnis
1.8 Siwa dapat memahami alasan mengapa
perlu berbisnis
1.
Pengertian bisnis dan jenisnya
·
Menurut
arti dasarnya bisnis memiliki makna sebagai the buying and selling of goods and
services.
·
Bisnis
adalah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau
memberikan manfaat.(Skinner,1992).
·
Pengertian Bisnis dapat dibedakan dalam
pengertian yang sempit dan pengertian yang luas. Jika kita berorientasi pada
pengertian yang sempit maka bisnis tidak lain dari fiksi. Sedangkan dalam arti
yang lebih luas, bisnis merupakan usaha yang terkait erat dengan dunia ekonomi
juga politik. Hal ini disebabkan dunia ekonomi dan dunia politik pada dasarnya
merupakan suatu hubungan yang saling tergantung, dan yang turut mencerminkan
efektifitas suatu masyarakat dalam gerak usahanya. (J.S.Nimpoena(1985)).
Jenis kegiatan bisnis
Ruang lingkup kegiatan bisnis sangat
luas, akan tetapi pada dasarnya kegiatan bisnis dapat dibagi menjadi 3 aspek,
yaitu :
(a)
Aspek
Produksi
Produksi diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam arti luas tersebut, produksi dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu
Produksi diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam arti luas tersebut, produksi dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu
·Produksi primer
Yang termasuk dalam produksi primer adalah kegiatan ekstraksi atau penarikan sumber daya alam atau kegiatan yang menggunakan sumber daya yang tersedia dalam kondisi alamiah.
Yang termasuk dalam produksi primer adalah kegiatan ekstraksi atau penarikan sumber daya alam atau kegiatan yang menggunakan sumber daya yang tersedia dalam kondisi alamiah.
·Produksi sekunder
Yang termasuk dalam produksi sekunder adalah sumber daya alam atau bahan mentah diproses diolah menjadi barang.
Yang termasuk dalam produksi sekunder adalah sumber daya alam atau bahan mentah diproses diolah menjadi barang.
·Produksi tersier
Yang dihasilkan dari produksi tersier adalah berupa pemberian fasilitas layanan (jasa) pendukung, bukannya barang-barang berwujud.
Yang dihasilkan dari produksi tersier adalah berupa pemberian fasilitas layanan (jasa) pendukung, bukannya barang-barang berwujud.
(b)
Aspek
Distribusi
Distribusi adalah kegiatan pemindahan barang jasa dari produsen kepada konsumen. Pada umumnya distribusi meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
Distribusi adalah kegiatan pemindahan barang jasa dari produsen kepada konsumen. Pada umumnya distribusi meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
·Pemindahan bahan baku dari pemasok
(supplier) kepada awal mula lini produksi.
·Melibatkan penyimpanan penanganan
bahan baku barang jadi.
·Pengemasan.
·Pengendalian persediaan
·Transportasi kepada konsumen
(c) Aspek Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan penggunaan barang jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Kebutuhan atau pola konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor yang beragam, dengan melihat pola konsumsi yang beragam, produsen dapat membuat suatu perencanaan yang lebih baik untuk menentukan bagaimana peluang diterimanya barang atau jasa yang diproduksi tersebut oleh konsumen. Dan biasanya, produsen mempromosikan keberadaan barang atau jasa tersebut secara luas khususnya kepada konsumen.
Konsumsi adalah kegiatan penggunaan barang jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Kebutuhan atau pola konsumsi seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor yang beragam, dengan melihat pola konsumsi yang beragam, produsen dapat membuat suatu perencanaan yang lebih baik untuk menentukan bagaimana peluang diterimanya barang atau jasa yang diproduksi tersebut oleh konsumen. Dan biasanya, produsen mempromosikan keberadaan barang atau jasa tersebut secara luas khususnya kepada konsumen.
2. Tujuan
Bisnis
Tujuan bisnis meliputi (Skinner,1992) :
a) Profit (keuntungan)
b) Mempertahankan kelangsungan hidup
perusahaan
c) Pertumbuhan perusahaan
d) Tanggung jawab sosial
Keempat
tujuan bisnis tersebut saling terkait, karena keuntungan perusahaan digunakan
untuk mempertahankan hidup perusahaan dan menumbuh kembangkan perusahaan serta
merupakan bukti tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk memberikan
lapangan pekerjaan kepada masyarakat.
3. Sistem perekonomian dan sistem pasar
a) Sistem Perekonomian
Secara umum ada 4 bentuk sistem perekonomian di dunia, yaitu:
·
Kapitalisme
Dalam sistem perekonomian kapitalisme, seseorang bebas untuk memiliki kekayaan,
perusahaan, bersaing secara bebas dalam pasar, dan menentukan miliknya
kemudian. Dalam hubungannya dengan pasar, seseorang bebas memilih dan membuat
barang dan jasa yang diinginkan.
·
Sosialisme
Pada sistem perekonomian sosialisme, seseorang relatif bebas untuk memilih
usaha, tetapi pemerintah turut campur tanagn dengan berusaha menyesuaikan
kebutuhan individu dengan kebutuhan masyarakat.
·
Fasisme
Pada sistem perekonomian fasisme, orang bebas memilih tempat yang diinginkan
namun harus atas persetujuan pemerintah.
·
Komunisme
Pada sistem perekonomian komunisme, hak milik seseorang dihapuskan, semua
masyarakat adalah karyawan negara. Di sini negara yang menentukan semua
perekonomian, kebebasan politik diawasi secara ketat.
Sedangkan
menurut Skinner (1992) sistem ekonomi di dunia pada dasarnya ada 3 tipe. Yaitu:
·
Ekonomi
terencana(a planned economy)
Pemerintah dapat menguasai produksi hampir semua barang dan jasa.
·
Kapitalisme
murni
Perusahaan swasta dapat menguasai produksi hampir semua barang dan jasa.
·
Ekonomi
campuran (a mixed economy)
Sebagian produksi dikuasai oleh pemerintah dan sebagian lagi oleh swasta.
b) Sistem Pasar
·
Pasar
persaingan sempurna
Pasar dimana dalam suatu industri terdapat sangat banyak penjual maupun pembeli
dan produk yang diperdagangkan bersifat homogen.
·
Pasar
monopoli
Pasar dimana dalam sebuah industri hanya terdapat sebuah perusahaan dan produk
yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna.
·
Pasar
persaingan monopolistis
Pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda
corak (Differentiated Product) dan pada dasarnya adalah pasar yang berada
diantara dua pasar yang ekstrim, yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar
monopoli.
·
Pasar
Oligopoli
Pasar yang hanya terdiri dari beberapa produen saja yang menghasilkan barang
standar maupun barang yang berbeda coraknya, dengan kemampuan menentukan harga
ada kalanya kuat maupun lemah dan biasanya memerlukan promosi. Jika hanya dua
perusahaan disebut duopoli.
4.
Kesempatan bisnis atau usaha
Mengidentifikasi peluang bisnis
Setelah mengembangkan suatu gagasan seorang pengusaha haruslah mengidentifikasi peluang bisnis yangada. Dengan langkah-langkah berikut yang harus dilakukan
secara berurutan:
·
Analisis
persoalan
·
Analisis
situasi
·
Merumuskan
wilayah yang tidak diketahui
·
Mensurvei
pelanggan sasaran
5.
Unsur penting dalam aktivitas ekonomi
· Keinginan manusia
· Faktor-faktor produksi
· Cara-cara berproduksi( Techniques of
production)
6.
Hakikat bisnis
Dasar dalam memahami bisnis adalah memahami ilmu ekonomi. Karena bisnis
merupakan suatu bentuk dari kegiatan ekonomi.Ekonomi merupakan studi tentang
bagaimana suatu masyarakat memilih untuk menggunakan sumber-sumber daya yang
langka untuk menghasilkan atau memproduksi barang dan jasa dan
mendistribusikannya kepada masyarakat untuk dikonsumsi. Beberapa kunci untuk
memahami ekonomi:
a) Sumber-sumber daya
- Sumber
daya Alam
- Sumber
daya modal
-
Sumber
daya manusia (tenaga kerja)
b) Barang dan Jasa
Barang dan jasa merupakan hasil pengolahan/produksi dari sumber daya yang ada.
c) Alokasi sumber daya
Langkahnya
sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan/keinginan manusia membuat manusia
harus menentukan pilihan bagaimana sumber daya tersebut akan digunakan. Untuk
membuat pilihan tersebut ada beberapa pertanyaan ekonomi mendasar yang dapat
diajukan yaitu:
·
Barang
dan jasa apa saja yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya?
·
Bagaimana
barang dan jasa tersebut akan diproduksi dan oleh siapa?
·
Siapa
yang akan menggunakan dan memanfaatkan barang dan jasa tersebut?
·
Dan
kapan barang dan jasa tersebut akan dibagikan.
Dalam ekonomi perdagangan bebas,
alokasi sumber daya juga meliputi isu-isu yang lain seperti “haruskah kebutuhan
kemakmuran dan kesuksesan perusahaan dipertimbangkan? Prioritas apa yang harus
diberikan kepada kebutuhan pemerintah akan sumber daya?”.Kegiatan pengalokasian
ini juga termasuk kegiatan pertukaran antara bisnis/produsen dengan konsumen
yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Bisnis menghasialkan profit
dan konsumen/pelanggan dipuaskan oleh barang dan jasa yang ditawarkan
bisnis/produsen.
Bila dikaitkan dengan dunia bisnis maka Ekonomi akan
berperan dalam menentukan:
·
Budaya
ekonomi ataupun gaya bertindak sebagai manusia ekonomi
·
Corak
ragam sumber daya manusia yang berkecimpung dalam dunia bisnis berikut pengembangan
manusia dan hambatannya.
·
Kondisi
teknologi dan manajemen pada umumnya, serta konsistensi dan inkonsistensinya
dengan laju pembangunan.
7. Fungsi
masyarakat yang berkaitan dengan dunia bisnis:
·
Fungsi
sosial
Tercapainya kesejahteraan fisik dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas
yang ada pada masyarakat.
·
Fungsi
politik
Fungsi ini bersangkutan dengan proses-proses sosial yang meliputi proses
pengambilan keputusan dan juga proses distribusi nilai-nilai tertentu untuk
mencapai suatu tujuan yang diwarnai oleh kebudayaan yang berlaku di masyarakat
tersebut.
8. Alasan
mengapa perlu belajar bisnis
·
Adanya
saling ketergantungan
Manusia adalah makhluk sosial yang saling tergantung satu sama lain baik secara
individual maupun kolektif. Seiring dengan kemajuan zaman yang mengakibatkan
makin beragamnya kebutuhan dan keinginan manusia maka ‘saling ketergantungan’
ini pun makin meningkat.Yang mengakibatkan manusia melakukan tindakan ekonomi atau
bisnis.
·
Adanya
peluang internasional
Meningkatnya globalisasi di dalam dunia bisnis telah membuka peluang bisnis.
Era baru dunia bisnis dalam pasar internasional memerlukan pemimpin bisnis yang
tahu bagaimana memulai, mengoprasikan dan melanjutkan usahanya.
·
Usaha
untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup
Standar hidup menunjukan jumlah barang dan jasa yang dipandang rata-rata sebuah
keluarga atau individu sebagai suatu kebutuhan. Perkembangan teknologi dan
kemampuan suatu perusahaanmengantisipasi kebutuhan manusia mampu mengubah
standar hidup seseorang.
·
Adanya
perubahan
Bisnis bersifat dinamis yang artinya bisnis selalu berubah. Mengikuti
perubahan-perubahan tersebut dapat lebih mudah,efisien dan mengurangi
traumatik, jika kita memahami ilmu bisnis.
·
Mencegah
kesalahpahaman
Memahami bisnis dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman, kesalahan informasi
dan ketidakakuratan data yang kita terima sebagai sesuatu yang benar sehingga
membantu kita memisahkan fakta dan fiksi dalam isu-isu bisnis.
Kesimpulan
Bsnis adalah
semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang-barangmelalui saluran yang
produktif dari membeli barang ,emtah, sampai menjadi barangjadi. Menurut
Kismono (2001) bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan olehsetiap
individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhandan
keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperolehmanfaat
atau keuntungan.
Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelakubisnis
dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasilyang
diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan
(produksi,pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan
dalam jangkapanjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk
berupa barangatau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh
keuntungan dariaktivitas yang dilakukan.
Untuk lebih memahaminya, ini ada video yang akan memberikan contoh dari ruang ligkup bisnis. Tentang adanya Pertumbuhan Ekonomi yang Menguntungkan semua pekerja pada Masyarakat Ekonomi ASEAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar