Cari Blog Ini

Kamis, 19 Oktober 2017

Fungsi Perencanaan


 “FUNGSI PERENCANAAN”

Hasil gambar untuk fungsi perencanaan dalam manajemen

Tujuan Pembelajaran :
Agar siswa dapat memahami fungsi perencanaan didalam perusahaan

A.    Pengertian perencanaan (planning)
Menurut Robbin dan couter (2002) memdefinisikan perencanaan sebagai sebuah proses yang ditandai dari penetapan organisasi. Menentukan strategi untuk penyampaian tujuan organisasi secaa menyeluruh untuk mngintegrasikan dan organisasikan seluruh pekerjaan organisasi hingga tercapainya tujuan organisasi
Menurut George. R teri menyatakan bahwa untuk mengetahui apakah perencanaan itu baik atau tidak dapat dijawab melalui pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai perencanaan yaitu : what, who, why, when, where, how .
Fungsi dari perencanaan manajemen yaitu sebagai arahan, perencanaan mengoptimalkan dampak dari perubahan, perencanana meminimalkan pemborosan, dan menetapkan standart pegawasan
B.     Persyaratan perencanaan ( planning recuirmen)
Adapun persyratan yang dipenuhi yaitu :
·         Faktual atau realistik
·         Logis dan rasional
·         Fleksibel
·         Komitmen
·         Komperhensip
C.     Tujuan (Goals) Dan Rencana (plans) dalam proses perencanaan
       Tujuan (goals) pada dasarnya adalah hasil akhir yang diharapkan dapat diraih atau dicapai oleh individu maupun kelompok atau seluruh organisasi.
          Dalam pengertian bahasa inggris kadangkala dibedakan antara objektif dan goals . objektif diartikan sebagai tujuan dan goals diartikan sebagai target.
          Rencana (plan) adalah segala bentuk konsep dan dokumentasi mengambarkan bagaiamana tujuan akan dicapai dan bagaimana sumber daya perusahaan akan dialokasikan, penjadwalan dari proses pencapaian tujuan.

D.    Alat Bantu Bagi Perencanaan
Alat bantu perancanaan sebagai berikut
1.     Bagan arus (flow Chart)
Yaitu model gratis yang menunjukan model sistem yang mengambarkan kejadian yang berkesinambungan dan keputusan yang tidak berkesinambungan .
2.    Bagan Gantt (Gantt Chart)
Alat bantu perencanaan yang kedua adalah apa yang dinamakan gantt chart penjadwalan adalah salah satu abagian penting perencanaan.
3.    Jaringan Pert(Pert netwok)
Pert adalh singkatan dari progam evaluasion and review teknik. Pert merupakan alat bantu perencaanan melalui penjadwalan dan pengambaran rencana kerja secara kronologis dan berklanjutan bagi para pekerjanya.
Adanya 4 konsep yang harus dipahami dalam pert yaitu:
a.    Event atau kejadian adalah indikator yang terporma pekerja baik sebelum maupun sesudah pekerjaan dilakukan sekaligus juga menunjukan apakah suatu pekerjaan lain dapat dilakukan atau sebalioknya berdasarkan indikator ini.
b.    Activity atau kegiatan adalah berbagai pekerjaan dari keseluruhan pekerjaan yang berkesinambungan.
c.    Time atau waktu. PERT atau masa pekerjaan berdaskan rata-rata dari ketiga komponen waktu.
d.    Crutacal Path atau indikator kritis yaitu menunjukkan batas toleransi akan satu pekerjaan yang akan dilaksanakan.


Kesimpulan :
Didalam pelaksanaan organisasi, terdapat fungsi dari perencaan manajemen yaitu sebagai arahan, perencanaaan dan mengoptimalkan dampak dari perubahan, perencanaan mengoptimalkan dampak dari perubahan, perencanaan meminimalkan pemborosan dan menetapkan standar pengawasan. Didalam fungsi perencanaan ada persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya faktual atau realistik, logis dan rasional, fleksibel, komitmen, komprehensif. Adapun tujuan dalam pengorganisasian adalah hasil akhir yang diharapkan dapat dicapai oleh individu maupun kelompok. Manajer dapat menggunakan alat bantu dalam menjalankan tujuan organisasi seperti bagan arus, bagan gantt, jaringan pert.